DINAS PENDIDIKAN
CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH III
SMK BPS&K II BEKASI
Jl. Lele 2 No. 20A Perumnas 2
Bekasi
.sch
Modul Ajar 10.3.1
INFORMASI UMUM
Nogolah Pangalaman Batin Sajak
Nama Penulis |
Sumanta |
Satuan Pendidikan |
SMK BPS&K II Bekasi |
Fase/Kelas/Semester |
E/X/1 |
Mata Pelajaran |
Bahasa Sunda |
Alokasi Waktu |
4 JP |
Kompetensi Awal |
Peserta didik telah mengikuti pembelajaran tentang Puisi pada
pertemuan sebelumnya |
Profil Pelajar
Pancasila |
Bergotong Royong Bernalar Kritis Berkebhinekaan Global |
Sarana dan
Prasarana |
Laptop Proyektor/Infokus Jaringan internet Buku carita babad |
Model
Pembelajaran |
Discovery Learning |
Moda dan Aplikasi |
Luring* |
A. KOMPONEN INTI
Tujuan Pembelajaran (TP) |
10.3.1 Mengidentifikasi gagasan dalam sajak.(Penjelasan) |
Aktivitas Utama |
Siswa
diajak untuk mengingat kembali pusis atau sajak yang pernah dicatat dibaca
atau bahkan diciptakan sendiri olehnya kemudian guru membingbing siswa untuk
menggali gagasa yang ada dalamsajak tersebut baik gagasan yang tersirat
maupun gagasan tersurat. |
Asesmen |
Asesmen Formatif (Awal
Pembelajaran): Memberikan pertanyaan tentang kesiapan belajar dan
media pendukung yang dimiliki peserta didik untuk mengikuti kegiatan
pembelajaran Tes Lisan kesiapan belajar Pengamatan
(Observasi) dalam bentukinstrumen berupa ceklis Asesmen Formatif (Selama proses pembelajaran) Penilaian terhadap aktivitas peserta didik selama
proses pembelajaran berlangsung Penugasan dalam
bentuk instrumen berupa LKPD Kinerja dalam
bentuk instrumen berupa Ceklis Asesmen Sumatif Penilaian Produk (Portofolio) Kriteria yang dinilai pemilihan teks sajak, teknik dan gaya
pembacaan
sajak |
Pemahaman Bermakna |
Peserta didik tidak saja membaca sajak, tetapi dapat mendapatkan informasi dari sajak
tentang gagasan pengarang sajak tersebut |
Pertanyaan Pemantik |
Apa
kalian tau apa itu sajak ? Apakah
benar sajak merupakan karya sastra yang menggunakan kata kata yang indah?
Kalau benar kenapa alasnnya Sajak
dibuat dengan beberapa unsur apakah anda tau beberapa unsurnya? |
B. Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran |
Pembelajaran Berdiferensiasi dan Berbasis Aset (PBBA) |
Pembelajaran Sosial Emosional (PSE) |
Persiapan Guru melakukan
asesmen formatif berupa asesmen diagnostik di awal pembelajaran untuk
mengidentifikasi kesiapan peserta didik (readiness) dan profil belajar
peserta didik. Asesmen diagnostik
dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan pemantik atau dengan melakukan
observasi sederhana dengan jawaban atau perilaku peserta didik yang dapat
diamati secara sederhana dan cepat. |
Kebutuhan belajar
peserta didik Modal Manusia |
Kesadarandiri Pengendalian diri |
Pendahuluan
(10 menit) Guru membuka
pelajaran dengan melakukan kegiatan
awal rutin seperti mengucapkan
salam, berdo’a, menyapa, menanyakan kabar, memberikan motivasi dan memeriksa
kehadiran. Guru meminta
peserta didik untuk menuliskan keadaan atau kondisi atauperasaan yang sedang dialami saat itu misalnya dalam bentuk tulisan atau gambar
atau apapun dalam jamboard,padlet,gdocs, gslides yang
dibagikan oleh guru dengan akses edit. Setelah itu, minta
beberapa murid untuk membagikan apa yang telah mereka tulis. Pembelajaran akan
diawali dengan permainan
atau kuis singkat. Murid diminta
untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh guru (melalui chat room
jika pembelajaran daring) sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Setelah waktu
permainan habis (10 menit), ajaklah murid melakukan refleksi singkat. Misalnya dengan menanyakan: (1) Apakah
mereka suka dengan kuis yang diberikan? Bagian mana yang disukai? (2) Apa saran mereka jika ada kuis lagi? (Dengan memberikan kesempatan pada murid
untuk memberikan pendapat dan saran, guru dapat membangun koneksi dan rasa
percaya). Guru akan mencatat
dan menggunakan informasi yang didapat dari permainan tersebut untuk
memetakan sejauh mana pengetahuan awal murid tentang materi. Berikan apresiasi
bagi usaha yang telah mereka lakukan untuk mengingat kembali pelajaran yang
telah dipelajari sebelumnya bukan pada yang menjawab benar saja. Guru akan
menggunakan hasil pekerjaan murid untuk memetakan kebutuhan belajar murid. |
Profil pelajar
pancasila Kesiapan belajar
murid Modal manusia Diferensiasi
proses dan produk Profil belajar
murid Kesiapan belajar murid Diferensiasi
konten Modal manusia Modal manusia Kebutuhan belajar
murid Apresiasi Diferensiasi
konten Modal manusia Kesiapanbelajar
murid |
Pengelolaan
diri Keterampilan
relasi Pengambilan
keputusanyang bertanggung jawab Kesadaran diri Kesadaran sosial Keterampilan
relasi Pengambilan
keputusan yang bertanggung jawab Kesadaran diri Keterampilan
relasi Pengelolaan diri Keterampilan
sosial Pengelolaan diri |
Kegiatan
Inti (70 Menit) Peserta didik
menyimak cerita
babad Sunda yang diceritakan oleh
temannya Peserta didik
mendeskripsikan informasi penting dari cerita babad yang dibacakan oleh teman berdasarkan LKPD yang dibagikan. Peserta didik
mengidentifikasi prosedur dan teknik membaca dan/atau mendeklamasikan sajak
dalam kegiatan diskusi kelompok dari berbagai referensi (Guru dapat mengelompokkan siswa berdasarkan
pemetaan kebutuhan siswa yang perlu mendapatkan lebih banyak bantuan
dapat ditempatkan dalam satu kelompok. Kelompok ini akan berdiskusi dengan
difasilitasi oleh guru.) Secara
berkelompok peserta didik menganalisis struktur carita
babad berdasarkan kaidah yang berlaku. Kelompok siswa mempresentasikan hasil pengerjaan LKPD
dalam berbagai bentuk produk presentasi yang disesuaikan dengan kemampuan dan
minat peserta didik. Kelompok siswa membandingkan hasil pekerjaan kelompoknya dan menyampaikan pandangannyaberdasarkan perspektif masing-masing Perwakilan siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. Siswa lain memberikan tanggapan terhadap
presentasi kelompok lain. |
Diferensiasi
proses Diferensiasi proses Modal sosial Kebutuhan belajar siswa Modal manusia dan
sosial Diferensiasi
konten dan proses Diferensiasi
produk Modal sosial Modal fisik Diferensiasi
proses Diferensiasi
konten Profil belajar
murid Kebutuhan belajar siswa Diferensiasi proses |
Keterampilan
relasi Kesadaran sosial Pengelolaan diri Kesadaran sosial Keterampilan
relasi Keterampilan
relasi Kesadaran sosial Kesadaran diri Pengelolaan diri Keterampilan
relasi Pengambilan
keputusan yang bertanggung jawab Keterampilan
relasi Pengelolaan diri |
Penutup
(10 menit) Sebagai penutup
pembelajaran, siswa melakukan refleksi. Pertanyaan pemandu
berikut dapat digunakan untuk memandu proses refleksi siswa: (1) Apakah bagian yang
paling menarikdari pembelajaran hari ini? (2) Mengapa? (3) Berdasarkan apa
yang telah kamupelajari, menurut kamu, sejauh manapemahaman yang sudah
dimiliki?(4) Strategi apa yang kamu gunakan untuk memahami materi lebih jauh dan
mendalam? (5) Menurutmu, apakah
pentingmempelajari ini? (6) Tantangan apa yang masih kamu temui dalam
mempelajari materi ini? (7) Bagaimana kamu akan berlatih untuk
mengatasi tantangan tersebut? Apa yang akan kamu lakukan agar hasil belajarmu
lebih memuaskan di masamendatang? (pertanyaan ini dapat diberikan pada akhir
pembelajaran topik) Guru
menginformasikan materi/tugas untuk pertemuan selanjutnya. Guru
mempersilahkan peserta didik untuk berdoa masing-masing, mengingatkan
pentingnya protokol kesehatan dan memberi salam. |
Refleksi dan umpan
balik Diferensiasi
proses Modal manusia Apresiasi Kebutuhan belajar siswa Profil Pelajar
Pancasila |
Kesadaran diri Pengelolaan diri Kesadaran diri Pengambilan
keputusan yang bertanggung jawab Kesadaran diri Pengelolaan diri |
C. LAMPIRAN
Refleksi |
Peserta
Didik Kesulitan
apa yang Anda alami ketika proses pembelajaran dilaksanakan? Setelah
Anda mengetahui kesulitan yang dialami, tindakan apa yang akan Anda lakukan
untuk mengatasi kesulitan tersebut? Guru Hal-hal
apa saja yang tidak berjalan dengan baik saat saya melakukan kegiatan
pembelajaran? Mengapa? Bagaimana
saya dapat memodifikasi kegiatan pembelajaran? |
||||||||
Remedial dan Pengayaan |
Pengayaan dan
remedial dilakukan setelah proses pembelajaran
selesai berdasarkan capaian pembelajaran yang telah
dilaksanakan. Pemberian pengayaan dan remedial dilakukan setelah
melihat interval kriteria hasil pembelajaran. Untuk menggunakan
interval, pendidik dan/atau satuan pendidikan dapat
menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Pendidik
menentukan terlebih dahulu intervalnya dan tindak lanjut yang akan
dilakukan untuk para peserta didik.
Bila siswa dapat mengerjakan
16 dari 20 soal (dengan bobot yang sama),
maka ia mendapatkan nilai 80%. Sehingga dapat disimpulkan
bahwa peserta didik tersebut sudah mencapai
ketuntasan dan tidak perlu remedial. |
||||||||
Bahan Bacaan |
Buku sumber “Basa sunda juara” ( IKM belajar ), “Panggelar Basa Sunda” (Erlangga) |
Glosarium
1. Sajak , Téh
mangrupa hasil imajinasi tina kesan jeung pangalaman pangarang.
Kuningan, 15 Juli 2023
Mengetahui: Kepala SMK BPS&K II Bekasi, Drs. Agus
Suryadinata, M.Pd. |
Guru
Bahasa Sunda, Sumanta,
A.Md |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar