Senin, 19 Agustus 2024

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka Prosem dan Prota

 

PROGRAM SEMESTER DAN TAHUNAN

 

Satuan Pendidikan         : SMK BPS&K II BEKASI

Mata Pelajaran              : Bahasa Sunda

Fase/Kelas/Program      : E/X (Sapuluh)

Tahun Pelajaran             : 2024/2025

 

Rasional

Dalam kehidupan sosial orang Sunda, bahasa Sunda juga berfungsi sebagai alat berpikir dan interaksi sosial serta komunikasi. Proses komunikasi berlangsung secara verbal maupun nonverbal atau kombinasi di antara keduanya. Komunikasi nonverbal berlangsung melalui interaksi kinesik atau isyarat. Komunikasi verbal yang lazim disebut komunikasi bahasa, baik melalui medium lisan (berbicara dan menyimak), melalui medium tulisan (membaca

dan menulis), maupun melalui audiovisual (memirsa dan menyajikan). Berbicara, menulis, dan menyajikan sebagai keterampilan berbahasa produktif, sedangkan menyimak, membaca, dan memirsa sebagai keterampilan berbahasa reseptif. Kemampuan berbahasa Sunda produktif dan reseptif melibatkan kemampuan berpikir, yang tidak terlepas dari konteks dan genre teks etnografis. Kemampuan berpikir berkaitan dengan sikap positif terhadap bahasa Sunda dan pengetahuan tentang bahasa Sunda.

CapaianPembelajaranFaseF

Pada akhir fase F, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan,  konteks sosial-budaya, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan,pikiran, dan kehendak) dari berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik. Peserta didik mampu mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

Elemen

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog dan gelar wicara.

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif,  dan benar dalam berbagai tipe teks tulis (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

BerbicaraMempresentasikan

 

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk tujuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara berbahasa Sunda dengan menggunakan kata-kata khas atau idiom (pakeman basa) secara logis, runtut, kritis, dan kreatif, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengungkapkan informasi dan perasaan (simpati, empati, peduli, penghargaan, dan pendapat) secara kreatif dalam berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda lisanatau multimodal serta berkontribusi aktif dalam menyiapkan dan melaksanakan suatu percakapan atau diskusi sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

Menulis

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif,  dan benar dalam berbagai tipe teks tulis (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu menyajikan tulisan berbahasa Sunda sesuai kaidah dan konteks dalam media tulis, media cetak, atau media digital untuk tujuan tertentu sesuai kaidah Bahasa  dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengalihwahanakan dan mengkreasisatu teks ke teks lainnya dengan aksara Sunda atau bahasa yang berbeda sesuai kaidah dan konteks dalam media cetak atau elektronik untukberbagai tujuan.

 

Semester 1

 

TujuanPembelajaran

Kata Kunci

Total JP

Pertemuan

10.1.1

Identifikasi teks cerita babad(Penjelasan)

·       Cerita babad

·       Menyimak

 

4 JP

2

10.1.2

Membandingkan cerita babad dengan dongeng lainnya dan resensi novel yang telah dibaca (Perspektif)

·       Cerita babad

·       Menyimak

4 JP

2

10.1.3

Menuliskan sebuah cerita babad dalam bentuk info grafis (Refleksi)

·       Teks Biantara

·       Menulis

4 JP

2

10.1.4

Menganalisis isi, kebahasaan dan struktur teks carita babad. (Interpretasi)

·       Teks Carpon

·       Menyimak

4 JP

2

10.1.5

Menyanyikan (nembang) pupuh dalam carita babad

·       Teks Biantara

·       Menyimak

4 JP

2

10.2.1

Mengidentifikasi Aksara Sunda  (Perspektif)

·       Teks Aksara Sunda

·       Membaca

4 JP

2

10.2.2

Struktur dasar Aksara sunda(Interpretasi)

·       Teks Aksara Sunda

·       Membaca

4 JP

2

10.2.3

Menulis Kreasi dengan aksara sunda(Interpretasi)

·       Aksara Sunda

·       Menulis

4 JP

2

 

Semester 2

 

TujuanPembelajaran

Kata Kunci

Total JP

Pertemuan

10.3.1

Mengidentifikasi gagasan  dalam sajak.(Penjelasan)

·        

4 JP

2

10.3.2

Menaganalisisstruktur sajak Sunda (Perspektif)

·        

4 JP

2

10.3.3

Membedakan sajak Epik dan Lirik

(Refleksi)

·        

4 JP

2

10.3.4

Membaca sajak

(Interpretasi)

·        

4 JP

2

10.3.5

Mengarang Sajak (Penjelasan)

 

·        

4 JP

2

10.3.6

Mengidentifikasi Teks Biantara. (Perspektif)

·        

4 JP

2

10.4.1

Menganalisis metodeu dan struktur biantara (Perspektif)

·        

4 JP

2

10.4.3

Melatih kemampuan berbicara(Interpretasi)

·        

4 JP

2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nyaritakeun Isi Babad

 Nyaritakeun Isi Babad