PROGRAM SEMESTER
DAN TAHUNAN
Satuan
Pendidikan : SMK BPS&K II
BEKASI
Mata
Pelajaran : Bahasa Sunda
Fase/Kelas/Program : E/X (Sapuluh)
Tahun
Pelajaran :
2024/2025
Rasional |
Dalam kehidupan sosial orang Sunda, bahasa Sunda juga berfungsi
sebagai alat berpikir dan interaksi sosial serta komunikasi. Proses
komunikasi berlangsung secara verbal maupun nonverbal atau kombinasi di
antara keduanya. Komunikasi nonverbal berlangsung melalui interaksi kinesik
atau isyarat. Komunikasi verbal yang lazim disebut komunikasi bahasa, baik
melalui medium lisan (berbicara dan menyimak), melalui medium tulisan
(membaca dan menulis), maupun melalui audiovisual (memirsa dan
menyajikan). Berbicara, menulis, dan menyajikan sebagai keterampilan
berbahasa produktif, sedangkan menyimak, membaca, dan memirsa sebagai
keterampilan berbahasa reseptif. Kemampuan berbahasa Sunda produktif dan
reseptif melibatkan kemampuan berpikir, yang tidak terlepas dari konteks dan
genre teks etnografis. Kemampuan berpikir berkaitan dengan sikap positif
terhadap bahasa Sunda dan pengetahuan tentang bahasa Sunda. |
CapaianPembelajaranFaseF |
Pada akhir fase F, peserta didik secara umum
memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai
dengan tujuan, konteks sosial-budaya,
dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan
mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan,pikiran, dan kehendak) dari
berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik. Peserta didik mampu
mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) untuk
berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda dalam
kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu
menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan mengaktualisasi
diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. |
Elemen |
Menyimak Peserta didik mampu
mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan,
pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan
nonfiksi) berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog dan gelar wicara. |
Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu
mengolah dan menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan,
atau arahan) untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif, dan benar dalam berbagai tipe teks tulis
(fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya
Sunda. |
BerbicaraMempresentasikan Peserta didik mampu
mengolah dan menyajikan pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan)
untuk tujuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog,
dialog, dan gelar wicara berbahasa Sunda dengan menggunakan kata-kata khas
atau idiom (pakeman basa) secara logis, runtut, kritis, dan kreatif, sesuai
kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengungkapkan
informasi dan perasaan (simpati, empati, peduli, penghargaan, dan pendapat)
secara kreatif dalam berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda
lisanatau multimodal serta berkontribusi aktif dalam menyiapkan dan
melaksanakan suatu percakapan atau diskusi sesuai kaidah bahasa dan norma
budaya Sunda. |
Menulis Peserta didik mampu
mengolah dan menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan,
atau arahan) untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif, dan benar dalam berbagai tipe teks tulis
(fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya
Sunda. Peserta didik mampu menyajikan tulisan berbahasa Sunda sesuai kaidah
dan konteks dalam media tulis, media cetak, atau media digital untuk tujuan
tertentu sesuai kaidah Bahasa dan
norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengalihwahanakan dan mengkreasisatu
teks ke teks lainnya dengan aksara Sunda atau bahasa yang berbeda sesuai
kaidah dan konteks dalam media cetak atau elektronik untukberbagai tujuan. |
Semester 1
|
TujuanPembelajaran |
Kata Kunci |
Total JP |
Pertemuan |
10.1.1 |
Identifikasi teks cerita babad(Penjelasan) |
·
Cerita
babad ·
Menyimak |
4 JP |
2 |
10.1.2 |
Membandingkan cerita
babad dengan dongeng lainnya dan resensi novel yang telah dibaca (Perspektif) |
·
Cerita
babad ·
Menyimak |
4 JP |
2 |
10.1.3 |
Menuliskan sebuah
cerita babad dalam bentuk info grafis (Refleksi) |
·
Teks Biantara ·
Menulis |
4 JP |
2 |
10.1.4 |
Menganalisis isi,
kebahasaan dan struktur teks carita babad. (Interpretasi) |
·
Teks Carpon ·
Menyimak |
4 JP |
2 |
10.1.5 |
Menyanyikan (nembang) pupuh dalam carita babad |
· Teks Biantara · Menyimak |
4 JP |
2 |
10.2.1 |
Mengidentifikasi Aksara Sunda (Perspektif) |
· Teks Aksara Sunda · Membaca |
4 JP |
2 |
10.2.2 |
Struktur dasar Aksara
sunda(Interpretasi) |
· Teks Aksara Sunda · Membaca |
4 JP |
2 |
10.2.3 |
Menulis Kreasi dengan aksara sunda(Interpretasi) |
· Aksara Sunda · Menulis |
4 JP |
2 |
Semester 2
|
TujuanPembelajaran |
Kata Kunci |
Total JP |
Pertemuan |
10.3.1 |
Mengidentifikasi
gagasan dalam sajak.(Penjelasan) |
· |
4 JP |
2 |
10.3.2 |
Menaganalisisstruktur
sajak Sunda (Perspektif) |
· |
4 JP |
2 |
10.3.3 |
Membedakan sajak Epik
dan Lirik (Refleksi) |
· |
4 JP |
2 |
10.3.4 |
Membaca sajak (Interpretasi) |
· |
4 JP |
2 |
10.3.5 |
Mengarang Sajak (Penjelasan) |
·
|
4 JP |
2 |
10.3.6 |
Mengidentifikasi Teks
Biantara. (Perspektif) |
·
|
4 JP |
2 |
10.4.1 |
Menganalisis metodeu
dan struktur biantara (Perspektif) |
·
|
4 JP |
2 |
10.4.3 |
Melatih kemampuan
berbicara(Interpretasi) |
·
|
4 JP |
2 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar