CP dan TP
CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH III SMK BPS&K II BEKASI Jl. Lele 2 No. 20A Perumnas 2 Bekasi |
||
Tujuan Pembelajaran (TP) |
||
Satuan Pendidikan : SMK BPS&K II BEKASI Mata Pelajaran :
Mulok Bahasa Sunda Kelas / Program : X Tahun Pelajaran : 2024/2025 |
||
Capaian Pembelajaran Fase E |
||
Pada akhir fase E, peserta didik secara umum
memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai
dengan tujuan, konteks sosial-budaya,
dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan
mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan,pikiran, dan kehendak) dari
berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik. Peserta didik mampu
mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) untuk
berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda dalam
kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu
menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan mengaktualisasi
diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. |
||
Elemen |
Kompetensi |
Lingkup Materi |
Menyimak Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran,
perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks
(fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam
bentuk monolog, dialog dan gelar wicara. |
1. Mengevaluasi 2. Mengkreasi
|
Teks
Fiksi 1.
Teks Babad 2.
Teks Dongeng 3.
Sajak ( Epik & Lirik ) Kebahasaan 1. Aksara
sunda Teks Non Fiksi 1. Teks Biantara |
Membaca dan Memirsa Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran,
pandangan, arahan, dan perasaan) dan struktur tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda tulis, visual dan audiovisual
secara kreatif untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta
didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks berbahasa Sunda. |
1. Mengevaluasi
2. Mengkreasi 3. Membandingkan
|
|
Berbicara dan Mempresentasikan Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan pesan (gagasan,
pikiran, pandangan, atau arahan) untuk tujuan usul, perumusan masalah, dan
solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara berbahasa Sunda dengan
menggunakan kata-kata khas atau idiom (pakeman basa) secara logis,
runtut, kritis, dan kreatif, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.
Peserta didik mampu mengungkapkan informasi dan perasaan (simpati, empati, peduli, penghargaan, dan pendapat)
secara kreatif dalam berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda lisan atau
multimodal serta berkontribusi aktif dalam menyiapkan dan melaksanakan suatu percakapan atau
diskusi
sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. |
1. Mengolah 2. Menyajikan 3. Mengungkapkan
|
|
Menulis Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan informasi atau
pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk berbagai tujuan secara
logis, kritis, kreatif, dan benar dalam berbagai tipe teks tulis
(fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya
Sunda. Peserta didik mampu menyajikan tulisan berbahasa Sunda sesuai kaidah
dan konteks dalam media tulis, media cetak, atau media digital untuk tujuan
tertentu sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengalihwahanakan dan mengkreasi satu teks ke teks
lainnya dengan aksara Sunda atau bahasa yang berbeda sesuai kaidah dan konteks
dalam media
cetak atau elektronik untuk berbagai tujuan. |
1.
Mengolah 2. Menyajikan 3. Mengalihwahanakan 4. Mengkreasi |
|
TUJUAN PEMBELAJARAN (TP) |
||
1. Identifikasi teks cerita babad (Penjelasan)
2. Membandingkan cerita
babad dengan dongeng lainnya dan resensi novel yang telah dibaca (Perspektif) 3. Menuliskan sebuah cerita babad dalam bentuk info
grafis (Refleksi) 4. Menganalisis isi, kebahasaan dan struktur teks
carita babad. (Interpretasi) 5. Menyanyikan (nembang) pupuh dalam carita babad (Interpretasi) 6. Mengidentifikasi Aksara Sunda (Perspektif) 7. Struktur dasar Aksara sunda (Interpretasi) 8. Menulis Kreasi dengan aksara sunda (Interpretasi) 9. Mengidentifikasi gagasan dalam sajak. (Penjelasan) 10. Menaganalisis struktur sajak Sunda (Perspektif) 11. Membedakan sajak Epik dan Lirik (Refleksi) 12. Membaca sajak (Interpretasi) 13. Mengarang Sajak
(Penjelasan) 14. Mengidentifikasi Teks Biantara. (Perspektif) 15. Menganalisis metodeu dan struktur biantara (Perspektif) 16. Melatih kemampuan berbicara (Interpretasi) 17. Kaidah Berbicara di depan Khalayak Ramai (Penjelasan) 18. Menyusun dan menyajikan teks Biantara (Interpretasi) |
Bekasi, 15 Juli
2024
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Sunda,
Drs.
Agus Suryadinata, M.Pd. Sumanta, A.Md.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar