Senin, 19 Agustus 2024

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka CP DAN TP

 CP dan TP


DINAS PENDIDIKAN

CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH III

SMK BPS&K II BEKASI

Jl. Lele 2 No. 20A Perumnas 2 Bekasi

 

 

Tujuan Pembelajaran (TP)

 

Satuan Pendidikan : SMK BPS&K II BEKASI

Mata Pelajaran       : Mulok Bahasa Sunda

Kelas / Program     : X 

Tahun Pelajaran     : 2024/2025

 

Capaian Pembelajaran Fase E

Pada akhir fase E, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan,  konteks sosial-budaya, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan,pikiran, dan kehendak) dari berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik. Peserta didik mampu mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

Elemen

Kompetensi

Lingkup Materi

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog dan gelar wicara.

1.  Mengevaluasi

2.  Mengkreasi

 

Teks Fiksi

1.  Teks Babad

2.  Teks Dongeng

3.  Sajak ( Epik & Lirik )

 

Kebahasaan

1.   Aksara sunda

 

Teks Non Fiksi

1.  Teks Biantara

 

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, arahan, dan perasaan) dan struktur tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda tulis, visual dan audiovisual secara kreatif untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks berbahasa Sunda.

1.  Mengevaluasi

2.  Mengkreasi

3.  Membandingkan

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk tujuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara berbahasa Sunda dengan menggunakan kata-kata khas atau idiom (pakeman basa) secara logis, runtut, kritis, dan kreatif, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengungkapkan informasi dan perasaan (simpati, empati, peduli, penghargaan, dan pendapat) secara kreatif dalam berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda lisan atau multimodal serta berkontribusi aktif dalam menyiapkan dan melaksanakan suatu percakapan atau diskusi sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

1.  Mengolah

2.  Menyajikan

3.  Mengungkapkan

Menulis

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif, dan benar dalam berbagai tipe teks tulis (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu menyajikan tulisan berbahasa Sunda sesuai kaidah dan konteks dalam media tulis, media cetak, atau media digital untuk tujuan tertentu sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengalihwahanakan dan mengkreasi satu teks ke teks lainnya dengan aksara Sunda atau bahasa yang berbeda sesuai kaidah dan konteks dalam media cetak atau elektronik untuk berbagai tujuan.

1.  Mengolah

2.  Menyajikan

3.  Mengalihwahanakan

4.  Mengkreasi

TUJUAN PEMBELAJARAN (TP)

1.       Identifikasi teks cerita babad (Penjelasan)

2.       Membandingkan cerita babad dengan dongeng lainnya dan resensi novel yang telah dibaca (Perspektif)

3.       Menuliskan sebuah cerita babad dalam bentuk info grafis (Refleksi)

4.       Menganalisis isi, kebahasaan dan struktur teks carita babad. (Interpretasi)

5.       Menyanyikan (nembang) pupuh dalam carita babad (Interpretasi)

6.       Mengidentifikasi Aksara Sunda  (Perspektif)

7.       Struktur dasar Aksara sunda (Interpretasi)

8.       Menulis Kreasi dengan aksara sunda (Interpretasi)

9.       Mengidentifikasi gagasan  dalam sajak. (Penjelasan)

10.     Menaganalisis struktur sajak Sunda (Perspektif)

11.     Membedakan sajak Epik dan Lirik (Refleksi)

12.     Membaca sajak (Interpretasi)

13.     Mengarang Sajak  (Penjelasan)

14.     Mengidentifikasi Teks Biantara. (Perspektif)

15.     Menganalisis metodeu dan struktur biantara (Perspektif)

16.     Melatih kemampuan berbicara (Interpretasi)

17.     Kaidah Berbicara di depan Khalayak Ramai (Penjelasan)

18.     Menyusun dan menyajikan teks Biantara (Interpretasi)

Bekasi, 15 Juli 2024

Mengetahui

Kepala Sekolah,                                                                                  Guru Bahasa Sunda,

 

 

Drs. Agus Suryadinata, M.Pd.                                                            Sumanta, A.Md.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nyaritakeun Isi Babad

 Nyaritakeun Isi Babad