Senin, 19 Agustus 2024

Perangkat Ajar Kurikulum Merdeka ATP

 

Dokumen ATP-KKTP

 

Logo Provinsi Jawa Barat.jpg
DINAS PENDIDIKAN

CABANG DINAS PENDIDIKAN WILAYAH III

SMK BPS&K II BEKASI

Jl. Lele 2 No. 20A Perumnas 2 Bekasi

KRITERIA KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP)

Satuan Pendidikan    : SMK BPS&K II Bekasi

Mata Pelajaran         : Mulok Bahasa Sunda

Kelas / Program        : X (Sapuluh) 

Tahun Pelajaran       : 2024/2025

Capaian Pembelajaran Fase E

Pada akhir fase E, peserta didik secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan,  konteks sosial-budaya, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan,pikiran, dan kehendak) dari berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik. Peserta didik mampu mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan kehendak) untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa Sunda dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

Elemen

Menyimak

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda dalam bentuk monolog, dialog dan gelar wicara.

Membaca dan Memirsa

Peserta didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, arahan, dan perasaan) dan struktur tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda tulis, visual dan audiovisual secara kreatif untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan kualitas data serta membandingkan isi teks berbahasa Sunda.

Berbicara dan Mempresentasikan

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk tujuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara berbahasa Sunda dengan menggunakan kata-kata khas atau idiom (pakeman basa) secara logis, runtut, kritis, dan kreatif, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengungkapkan informasi dan perasaan (simpati, empati, peduli, penghargaan, dan pendapat) secara kreatif dalam berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda lisanatau multimodal serta berkontribusi aktif dalam menyiapkan dan melaksanakan suatu percakapan atau diskusi sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda.

Menulis

Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif,  dan benar dalam berbagai tipe teks tulis (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu menyajikan tulisan berbahasa Sunda sesuai kaidah dan konteks dalam media tulis, media cetak, atau media digital untuk tujuan tertentu sesuai kaidah Bahasa  dan norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengalihwahanakan dan mengkreasisatu teks ke teks lainnya dengan aksara Sunda atau bahasa yang berbeda sesuai kaidah dan konteks dalam media cetak atau elektronik untukberbagai tujuan.

 

Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)

Kode

Tujuan Pembelajaran

Kompetensi dan Konten

Kata Kunci

Perkiraan Jam

Dimensi 

Profil Pelajar Pancasila

Kriteria Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)

D

C

B

A

Kompetensi

Konten

0 - 40%

41% - 65%

66% - 85%

86% - 100%

SEMESTER 1

10.1.1

Identifikasi teks cerita babad(Penjelasan)

Mendeskripsikan

Teks cerita babad

·       Cerita babad

·       Menyimak

4 JP

Mandiri

Kritis

Kreatif

belum 

mencapai, 

remedial di seluruh 

bagian

belum 

mencapai 

ketuntasan, 

remedial di 

bagian yang 

diperlukan

sudah 

mencapai 

ketuntasan, 

tidak perlu 

remedial 

sudah mencapai 

ketuntasan, 

perlu pengayaan 

atau tantangan 

lebih 

10.1.2

Membandingkan cerita babad dengan dongeng lainnya dan resensi novel yang telah dibaca (Perspektif)

Membandingkan

Teks cerita babad

·       Cerita babad

·       Menyimak

4 JP

10.1.3

Menulis cerita babad dalam bentuk info grafis (Refleksi)

Menulis

Teks cerita babad

·       Teks Biantara

·       Menulis

4 JP

10.1.4

Menganalisis isi, kebahasaan dan struktur teks carita babad. (Interpretasi)

Menganalisis

Teks cerita babad

·       Teks Carpon

·       Menyimak

4 JP

10.1.5

Menyanyikan (nembang) pupuh dalam carita babad

Melantunkan

Teks cerita babad

·       Teks Biantara

·       Menyimak

4 JP

10.2.1

Mengidentifikasi Aksara Sunda  (Perspektif)

Mengidentifikasi

Aksara Sunda 

·       Teks Aksara Sunda

·       Membaca

4 JP

10.2.2

Struktur dasar Aksara sunda(Interpretasi)

Menganalisis

Aksara Sunda 

·       Teks Aksara Sunda

·       Membaca

4 JP

10.2.3

Menulis Kreasi dengan aksara sunda(Interpretasi)

Menampilkan

Aksara Sunda

·       Aksara Sunda

·       Menulis

4 JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah JP

32 JP

Sumatif Tengah Semester

2 JP

Sumatif Akhir Semester

2 JP

Jumlah JP Semester 1

36 JP

SEMSTER 2

10.3.1

Mengidentifikasi gagasan  dalam sajak.(Penjelasan)

Mengidentifikasi

Sajak

·       Sajak

·       Berbicara

4 JP

Mandiri

Kritis

Kreatif

belum

mencapai,

remedial di seluruh

bagian

belum

mencapai

ketuntasan,

remedial di

bagian yang

diperlukan

sudah

mencapai

ketuntasan,

tidak perlu

remedial

sudah mencapai

ketuntasan,

perlu pengayaan

atau tantangan

lebih

10.3.2

Menaganalisisstruktur sajak Sunda (Perspektif)

Menemukan

Sajak

·       Sajak

·       Membaca

4 JP

10.3.3

Membedakan sajak Epik dan Lirik

(Refleksi)

Membaca

Sajak

·       Sajak

·       membaca

4 JP

10.3.4

Membaca sajak

(Interpretasi)

Membaca

Sajak

·       Sajak

·       Membaca

4 JP

10.3.5

Mengarang Sajak (Penjelasan)

Menulis

Sajak

·       Sajak

·       Menulis

4 JP

10.3.6

Mengidentifikasi Teks Biantara. (Perspektif)

Membaca

Teks Biantara

·       Biantara

·       Identifikasi

·       Membaca

4 JP

10.4.1

Menganalisis metodeu dan struktur biantara (Perspektif)

Menulis

Teks Biantara

·       Teks Berita

·       Menulis

4 JP

10.4.3

Melatih kemampuan berbicara(Interpretasi)

Nyarita

Teks Biantara

·       Teks Biantara

·       Nyarita

2 JP

10.4.4

Kaidah Berbicara di depan Khalayak Ramai

(Penjelasan)

 

Membaca

Teks Biantara

·       Teks Biantara

·       Membaca

2 JP

 

 

 

 

 

10.4.5

Menyusun dan menyajikan teks Biantara(Interpretasi)

Menulis

Teks Biantara

·       Teks Biantara

·       Menulis

 

4JP

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah JP

Sumatif Tengah Semester

2 JP

Sumatif Akhir Semester

2 JP

Jumlah JP Semester 2

36 JP

Total JP Akhir Fase (JP Semester 1 + JP Semester 2)

72 JP

Catatan:

Interval nilai untuk ketuntasan TP diperoleh berdasarkan rekap seluruh asesmen yang dilakukan pada setiap TP.

Glosarium

1.      Carita Babad,Nurutkeun kamus istilah sastra Iskandarwassid (1996). Carita babad mangrupakeun carita heubeul anu medar riwayat luluhur atawa kajadian-kajadian hiji daérah timimiti ngabedah éta wewengkon.

2.      Akasara Sunda, Nya éta aksara hasil tina pembakuan anu ditetepkeun ku Gubernur Jawa Barat hasil ngabandingkeun tina aksara kuno séjéna.

3.      Sajak ,  Téh mangrupa hasil imajinasi tina kesan jeung pangalaman pangarang.

4.      Biantara, Nyarita hareupeun balaréa anu ngandung maksud jeung tujuan tangtu.

 

 

                                                                                                                            Bekasi, 15 Juli 2024

Mengetahui,                                             

      Kepala SMK BPS&K II Bekasi                                                                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

      Drs. Agus Suryadinata, M.Pd.                                                                                                                                      Sumanta, A.Md.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nyaritakeun Isi Babad

 Nyaritakeun Isi Babad