Dokumen ATP-KKTP
CABANG
DINAS PENDIDIKAN WILAYAH III SMK
BPS&K II BEKASI Jl.
Lele 2 No. 20A Perumnas 2 Bekasi |
KRITERIA
KETUNTASAN TUJUAN PEMBELAJARAN (KKTP) |
Satuan
Pendidikan : SMK BPS&K II Bekasi Mata
Pelajaran : Mulok Bahasa Sunda Kelas
/ Program : X (Sapuluh) Tahun
Pelajaran : 2024/2025 |
Capaian
Pembelajaran Fase E |
Pada akhir fase E, peserta didik
secara umum memiliki kemampuan berbahasa Sunda untuk berkomunikasi dan
bernalar sesuai dengan tujuan, konteks
sosial-budaya, dan akademis. Peserta didik mampu memahami, mengolah,
menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi atau pesan (gagasan,pikiran, dan
kehendak) dari berbagai tipe teks berbahasa Sunda tentang beragam topik.
Peserta didik mampu mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, dan
kehendak) untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berbicara dengan bahasa
Sunda dalam kehidupan sehari-hari dan melibatkan banyak orang. Peserta didik
mampu menulis berbagai teks berbahasa Sunda untuk merefleksi dan
mengaktualisasi diri dalam berbagai media sesuai dengan kaidah bahasa dan
norma budaya Sunda. |
Elemen |
Menyimak |
Peserta didik mampu mengevaluasi dan
mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, dan
arahan) yang akurat dari berbagai tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa
Sunda dalam bentuk monolog, dialog dan gelar wicara. |
Membaca dan Memirsa |
Peserta didik mampu mengevaluasi dan
mengkreasi informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, arahan, dan
perasaan) dan struktur tipe teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda tulis,
visual dan audiovisual secara kreatif untuk menemukan makna yang tersurat dan
tersirat. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai akurasi dan
kualitas data serta membandingkan isi teks berbahasa Sunda. |
Berbicara dan Mempresentasikan |
Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan
pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk tujuan usul, perumusan
masalah, dan solusi dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara berbahasa
Sunda dengan menggunakan kata-kata khas atau idiom (pakeman basa) secara
logis, runtut, kritis, dan kreatif, sesuai kaidah bahasa dan norma budaya
Sunda. Peserta didik mampu mengungkapkan informasi dan perasaan (simpati,
empati, peduli, penghargaan, dan pendapat) secara kreatif dalam berbagai tipe
teks (fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda lisanatau multimodal serta
berkontribusi aktif dalam menyiapkan dan melaksanakan suatu percakapan atau
diskusi sesuai kaidah bahasa dan norma budaya Sunda. |
Menulis |
Peserta didik mampu mengolah dan menyajikan
informasi atau pesan (gagasan, pikiran, pandangan, atau arahan) untuk
berbagai tujuan secara logis, kritis, kreatif, dan benar dalam berbagai tipe teks tulis
(fiksi dan nonfiksi) berbahasa Sunda sesuai kaidah bahasa dan norma budaya
Sunda. Peserta didik mampu menyajikan tulisan berbahasa Sunda sesuai kaidah
dan konteks dalam media tulis, media cetak, atau media digital untuk tujuan
tertentu sesuai kaidah Bahasa dan
norma budaya Sunda. Peserta didik mampu mengalihwahanakan dan mengkreasisatu
teks ke teks lainnya dengan aksara Sunda atau bahasa yang berbeda sesuai
kaidah dan konteks dalam media cetak atau elektronik untukberbagai tujuan. |
Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Kriteria
Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP)
Kode |
Tujuan
Pembelajaran |
Kompetensi
dan Konten |
Kata
Kunci |
Perkiraan
Jam |
Dimensi Profil
Pelajar Pancasila |
Kriteria
Ketuntasan Tujuan Pembelajaran (KKTP) |
||||
D |
C |
B |
A |
|||||||
Kompetensi |
Konten |
0
- 40% |
41%
- 65% |
66%
- 85% |
86%
- 100% |
|||||
SEMESTER 1 |
||||||||||
10.1.1 |
Identifikasi
teks cerita babad(Penjelasan) |
Mendeskripsikan |
Teks cerita babad |
·
Cerita babad ·
Menyimak |
4
JP |
Mandiri Kritis Kreatif |
belum mencapai, remedial di seluruh bagian |
belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan |
sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial |
sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan lebih |
10.1.2 |
Membandingkan cerita
babad dengan dongeng lainnya dan resensi novel yang telah dibaca (Perspektif) |
Membandingkan |
Teks cerita babad |
·
Cerita babad ·
Menyimak |
4
JP |
|||||
10.1.3 |
Menulis cerita babad
dalam bentuk info grafis (Refleksi) |
Menulis |
Teks cerita babad |
·
Teks Biantara ·
Menulis |
4
JP |
|||||
10.1.4 |
Menganalisis isi,
kebahasaan dan struktur teks carita babad. (Interpretasi) |
Menganalisis |
Teks cerita babad |
·
Teks Carpon ·
Menyimak |
4
JP |
|||||
10.1.5 |
Menyanyikan (nembang) pupuh dalam carita
babad |
Melantunkan |
Teks cerita babad |
· Teks
Biantara · Menyimak |
4
JP |
|||||
10.2.1 |
Mengidentifikasi
Aksara Sunda (Perspektif) |
Mengidentifikasi |
Aksara
Sunda |
· Teks
Aksara Sunda · Membaca |
4
JP |
|||||
10.2.2 |
Struktur dasar Aksara
sunda(Interpretasi) |
Menganalisis |
Aksara Sunda |
· Teks
Aksara Sunda · Membaca |
4
JP |
|||||
10.2.3 |
Menulis
Kreasi dengan aksara sunda(Interpretasi) |
Menampilkan |
Aksara Sunda |
· Aksara
Sunda · Menulis |
4
JP |
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah JP |
32
JP |
|||||||||
Sumatif Tengah Semester |
2
JP |
|||||||||
Sumatif Akhir Semester |
2
JP |
|||||||||
Jumlah JP Semester 1 |
36
JP |
|||||||||
SEMSTER
2 |
||||||||||
10.3.1 |
Mengidentifikasi
gagasan dalam sajak.(Penjelasan) |
Mengidentifikasi |
Sajak |
· Sajak · Berbicara |
4
JP |
Mandiri Kritis Kreatif |
belum mencapai, remedial
di seluruh bagian |
belum mencapai ketuntasan, remedial
di bagian
yang diperlukan |
sudah mencapai ketuntasan, tidak
perlu remedial |
sudah
mencapai ketuntasan, perlu
pengayaan atau
tantangan lebih |
10.3.2 |
Menaganalisisstruktur
sajak Sunda (Perspektif) |
Menemukan |
Sajak |
· Sajak
· Membaca |
4
JP |
|||||
10.3.3 |
Membedakan sajak Epik dan
Lirik (Refleksi) |
Membaca |
Sajak |
· Sajak · membaca |
4
JP |
|||||
10.3.4 |
Membaca sajak (Interpretasi) |
Membaca |
Sajak |
· Sajak · Membaca |
4
JP |
|||||
10.3.5 |
Mengarang Sajak (Penjelasan) |
Menulis |
Sajak |
· Sajak · Menulis |
4
JP |
|||||
10.3.6 |
Mengidentifikasi Teks
Biantara. (Perspektif) |
Membaca |
Teks Biantara |
· Biantara
· Identifikasi · Membaca |
4
JP |
|||||
10.4.1 |
Menganalisis metodeu dan
struktur biantara (Perspektif) |
Menulis |
Teks Biantara |
· Teks
Berita · Menulis |
4
JP |
|||||
10.4.3 |
Melatih kemampuan
berbicara(Interpretasi) |
Nyarita |
Teks Biantara |
· Teks Biantara · Nyarita |
2
JP |
|||||
10.4.4 |
Kaidah Berbicara di depan
Khalayak Ramai (Penjelasan) |
Membaca |
Teks Biantara |
· Teks Biantara · Membaca |
2
JP |
|
|
|
|
|
10.4.5 |
Menyusun dan menyajikan
teks Biantara(Interpretasi) |
Menulis |
Teks Biantara |
· Teks Biantara · Menulis |
4JP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah JP |
||||||||||
Sumatif Tengah Semester |
2
JP |
|||||||||
Sumatif Akhir Semester |
2
JP |
|||||||||
Jumlah JP Semester 2 |
36
JP |
|||||||||
Total JP Akhir Fase (JP Semester 1 + JP
Semester 2) |
72
JP |
|||||||||
Catatan: Interval nilai untuk
ketuntasan TP diperoleh berdasarkan rekap seluruh asesmen yang dilakukan pada
setiap TP. |
||||||||||
Glosarium 1.
Carita Babad,Nurutkeun kamus istilah sastra
Iskandarwassid (1996). Carita babad mangrupakeun carita heubeul anu medar riwayat
luluhur atawa kajadian-kajadian hiji daérah
timimiti ngabedah éta wewengkon. 2.
Akasara Sunda, Nya éta
aksara hasil tina pembakuan anu ditetepkeun ku Gubernur Jawa Barat hasil
ngabandingkeun tina aksara kuno séjéna. 3.
Sajak , Téh mangrupa hasil imajinasi
tina kesan jeung pangalaman pangarang. 4.
Biantara, Nyarita hareupeun
balaréa anu ngandung maksud jeung tujuan tangtu. |
Bekasi, 15 Juli 2024
Mengetahui,
Kepala SMK BPS&K II Bekasi Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Agus Suryadinata, M.Pd. Sumanta, A.Md.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar